Kesembilan cara berlatih menjadi pemimpin yang melayani ini tidak hanya akan mengubah cara Anda mengelola staf Anda. Mereka akan mengubah cara Anda dan tim Anda berfungsi bersama.
1. Miliki pola pikir untuk melayani
Tugas Anda sebagai pemimpin yang melayani orang - orang dengan baik. Ini tidak datang secara alami bagi kebanyakan orang.
Melayani bisa sesederhana tidak selalu terburu-buru untuk menjadi yang pertama dalam barisan seadanya, atau serumit memeriksa motif Anda dengan tulus saat Anda mendekati setiap pertemuan ( yaitu, apakah saya pergi ke pertemuan ini ingin mengendalikan segalanya, atau apakah saya ingin melayani kebutuhan tim? ).
Ada banyak cara kami dapat melayani orang-orang di tim kerja kami. Pengaruh Anda dalam organisasi Anda akan menyebar saat orang-orang belajar bahwa Anda menghargai kepemimpinan yang melayani.
2. Bangun kepercayaan
Jaga komitmen. Tentu saja, kepercayaan adalah jalan dua arah; jika Anda ingin dipercaya, Anda juga harus memberikan kepercayaan kepada orang lain. Membangun hubungan tepercaya akan sangat meningkatkan reputasi Anda di dalam organisasi Anda.
3. Jalani nilai nilai yang baik di tempat kerja
Ketika Anda menjalankan nilai-nilai Anda di tempat kerja, membuat keputusan menjadi jauh lebih mudah. Dan ketika nilai-nilai pribadi Anda dan organisasi dinyatakan dengan jelas, menjadi seorang pemimpin juga lebih mudah, karena karyawan akan memiliki pemahaman yang jelas tentang bagaimana berperilaku dengan tepat.
Ketika nilai-nilai perusahaan dan pribadi selaras, Anda mengalami kedamaian yang datang dari menjadi diri sejati Anda 24/7.
4. Pastikan anda mendengarkan untuk memahami
Banyak pemimpin percaya bahwa mereka adalah pendengar yang baik. Sebagai pemimpin yang melayani, Anda perlu melihat lebih dalam dan mengevaluasi keterampilan mendengarkan Anda.
Apakah Anda mulai mendengarkan tetapi kemudian menyela karena Anda merasa memiliki jawabannya? Apakah Anda melakukan banyak tugas ketika Anda seharusnya mendengarkan?
"Bisakah Anda memberi tahu saya lebih banyak?" dan “Bisakah Anda membantu saya memahaminya?” adalah dua pertanyaan berharga untuk digunakan saat berkomunikasi. Ketika Anda mendengarkan untuk memahami, orang merasa dihargai. Anda dapat membangun hubungan dengan mereka yang meningkatkan efektivitas Anda sebagai sebuah tim.
5. Fokus tentang pemikiran anda
Dalam kepemimpinan yang melayani, Anda harus menjadi sangat sadar akan pemikiran Anda sendiri dalam SEMUA hubungan. Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan penting:
Apakah saya bersedia mendengarkan umpan balik yang jujur?
Apakah saya bersedia mempertimbangkan tanggung jawab saya dalam situasi apa pun?
Bagaimana saya menyampaikan misi dan tujuan organisasi?
Apakah saya menunjukkan sikap positif tentang hal itu atau saya salah satu penentang?
Meluangkan waktu untuk merenungkan kepemimpinan Anda dan memeriksa mengapa Anda bereaksi dengan cara tertentu terhadap keadaan yang merugikan akan membantu Anda tumbuh.
6. Jadilah pemimpin yang tau memberikan apresiasi pada orang lain
Apakah Anda seorang pemimpin yang secara konsisten menambah nilai? Atau apakah Anda tipe pemimpin yang selalu harus dipuji dalam beberapa hal?
Dalam kepemimpinan yang melayani, orang mencari cara untuk menambah nilai menggunakan keterampilan dan kekuatan mereka di seluruh organisasi. Mereka tidak membatasi pikiran atau tindakan mereka pada departemen khusus mereka.
7. Bersikaplah berani
Ketika Anda menunjukkan keberanian, Anda tidak menghindari masalah tidak nyaman yang harus Anda hadapi sebagai pemimpin setiap hari. Banyak dari kita pernah mengalami masalah karyawan yang terus-menerus diselewengkan karena pemimpin tidak mau berurusan dengannya.
Mungkin Anda menyadari bahwa kinerja Anda sendiri TIDAK seperti yang seharusnya, dan Anda takut menghadapinya. Berani menghadapi situasi ini dan jika perlu, mintalah bantuan. Ini hanya dapat membuat organisasi Anda (dan Anda) menjadi lebih sehat dan lebih sukses.
8. Sebarkan pengaruh anda
Kepemimpinan yang melayani berarti menyebarkan pengaruh Anda untuk menambah nilai. Anda dapat melakukan ini melalui role modeling, coaching, dan mentoring. Tetapi intinya adalah Anda harus peduli dan berinvestasi pada orang lain.
Motif dan pengaruh keduanya mencerminkan hati Anda. Bersama-sama, mereka bisa menjadi kuat. Jackie Robinson berkata:
Sebuah kehidupan tidak signifikan kecuali dampaknya kepada kehidupan lain.
Jangan jatuh ke dalam perangkap berpikir bahwa Anda tidak memengaruhi siapa pun. Orang-orang di organisasi Anda dan kehidupan pribadi Anda selalu mengawasi.
9. Jalani tranformasi anda
Menjalani hidup Anda sebagai pemimpin yang melayani dimulai dari hati Anda, tetapi juga membutuhkan tindakan untuk melayani orang lain. Tidaklah sulit untuk menjalani transformasi Anda dengan orang-orang yang Anda sukai sebagai individu, atau dengan orang lain yang memiliki nilai dan keinginan yang sama untuk menjalani hidup mereka demi orang lain.
Namun, ini akan menjadi tantangan nyata untuk menjalani transformasi Anda dengan orang-orang yang mungkin TIDAK cocok dengan Anda atau yang mungkin tidak memiliki nilai yang sama dengan Anda, atau keinginan Anda untuk melayani orang lain.